Kamis, 10 Mei 2012

payudara sakit sebelah
  mau berbagi pengalaman seputar gejala mastitis.
seminggu yang lalu saya mengalami juga sakit di payudara sebelah kiri
dekat ketiak, tiba tiba ada gumpalan yang ga hilang-hilang walaupun
saya rutin merah asi 3 jam 1x. udah di massage, udah dikompres, udah
di teken-teken waktu meras tapi tetep aja ngebagel (menggumpal keras)
udah gitu asi yang keluar jadi sedikit, hasinya jauh berbeda dgn pd
kanan, selisihnya bisa sampai 50ml. pertamanya saya pikir asi drop, tp
lama-lama koq pd sakit kl kesentuh, saya memang tau kalo pd menggumpal
begitu harus di massage dan kompres, sering dipompa/susuin biar lancar
lagi, tapi seharian udah dicoba bermacam cara tetep masih menggumpal.
sampe akhirnya malem-malem saya ga tahan krn pd sakit sekali, pas
ditelusuri ternyata di putingnya ada satu titik putih kayak mata
jerawat yang kl dipencet putingnya titik itu meggelembung tapi asi
didalamnya ga bisa keluar (dicoba dihisap keras sama suami juga ga
pecah), karena udah tau itu calon mastitis akhirnya suami mensterilkan
tangannya dan memencet sumbatan itu, memang sakit bgt.. jgn ditanya
deh perihnya kayak apa, tp yg jelas stlh sumbatannya pecah asi mancer
besar banget sampe ga ketampung, 50ml pertama saya buang asinya tapi
dipikir-pikir karena isinya masih asi belom jadi nanah akhirnya saya
tampung ke botol susu, lumayan dapet 150ml dari sumbatan yg pecah itu
(tanpa dipompa hanya dibiarkan mancer dan sesekali diperah pake tangan)

so moms, yg nanti mengalami gejala kyk saya coba dicek putingnya, kl
sampai ada sumbatan mending dipecahkan sendiri aja, dan tangan yg akan
memecahkan harus steril ya, daripada dibiarkan jadi nanah. jadi
dipecahkannya itu caranya dipencet aja pake kuku (kyk mencet jerawat)
sampe selaput yg nyumbatnya itu sobek (ga akan berdarah koq saya jg
engga berdarah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar