Jumat, 28 Oktober 2011

KARYAWAN PHK

TUJUH LANGKAH EFEKTIF
TAK PUTUS ASA WALAU DIPECAT

Dipecat, selain amat mempengaruhi keadaan emosi, juga bisa menurunkan rasa percaya diri. Jangan heran bila setelah dipecat, seseorang jadi malu bertemu dengan kenalannya. Inilah 7(tujuh) langkah untuk menghindari situasi yang tak menyenangkan akibat pemecatan :

  1. Segera singkirkan surat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Simpan di tempat yang tak mudah dilihat.
  2. Cari kesempatan untuk mengembalikan keseimbangan suasana hati Anda yang terkejut akibat pemecatan. Misalnya, mencat rumah atau membaca buku favorit. Bisa juga menghabiskan waktu bersama anak-anak. Sedapat mungkin, jauhkan pikiran Anda dari pekerjaan yang biasa dilakukan di kantor pada jam -jam tersebut.
  3. Ceritakan pada bekas rekan kerja Anda tentang apa yang terjadi. Tapi ingat, jangan sampai Anda berkeluh kesah terlalu panjang kepadanya. Hindari gosip atau menyebutkan nama-nama tertentu. Jangan menciptakan sikap berbau permusuhan.
  4. Dipecat belum tentu membuat Anda kehilangan kemampuan bekerja. Bisa saja Anda diberhentikan dari perusahaan karena memiliki cara pandang yang berbeda dengan manajemen.
  5. Tetap berikan bantuan kepada bekas rekan kerja bila mereka memang masih membutuhkan bantuan Anda.
  6. Bila And diberi kesempatan untuk menyampaikan isi hati terakhir kalinya, nyatakan terus terang bahwa Anda senang pernah menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Nyatakan hal-hal positif yang telah Anda dapatkan bersama organisasi tersebut.
  7. Ucapkan terima kasih kepada teman-teman sekantor yang telah membantu Anda dalam bekerja. Yang paling penting, setelah ini, tanamkan dalam diri bahwa Anda akan segera melewati semua ini dan segera mendapat pekerjaan lain. Keyakinan ini penting agar Anda termotivasi dan tak jadi putus asa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar